Sekilas info
Selamat Datang di website Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. . Pemustaka sudah boleh masuk ke dalam perpustakaan untuk mencari buku, baca di tempat belum dibolehkan . Pengembalian buku, Pemustaka langsung menyerahkan ke petugas front office di Perpustakaan Kalteng. . Perpanjangan masa peminjaman buku, dapat dilakukan lewat whatsapp 082250569900, tidak perlu datang ke Perpustakaan Kalteng . Jam Layanan 08.00 WIB - 15.30 WIB (Istirahat 12.00 WIB - 13.00 WIB) .

Lewat Program Kaka Asuh, Pemuda Kalteng diberi Pelatihan Leadership dan Sociopreneurship

Kaka Asuh Scholarship adalah program beasiswa hasil kerjasama Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah dan Euroweek School of Leaders Indonesia untuk peserta didik yang kurang mampu di Kalteng. Kaka Asuh Scholarship merupakan kegiatan kepemimpinan (kreativitas, sosial dan komunikasi) serta pengajaran tentang sociopreneurship skill untuk peserta didik.

Tujuan program ini antara lain adalah mengembangkan sumber daya manusia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar tercapainya kesejahteraan, informatif literasi yang aplikatif dan inklusif, yang didampingi oleh masyarakat yang melek literasi hingga persebaran pelayanan perpustakaan dengan inklusi sosial secara merata dan adil. Kegiatan ini berjalan atas bantuan dari berbagai belah pihak, organisasi atau yayasan, dan sebagainya.

Fennisya Veronicka, Koordinator Euroweek Indonesia mengatakan “Program ini dilaksanakan dari bulan Agustus 2021 hingga Februari 2022. Pelaksanaan kegiatan akan dilakukan secara hybrid, yakni daring dan luring mengingat situasi pandemi Covid-19. Kegiatan ini tentunya akan difasilitasi oleh Dispursip Kalteng dan Euroweek School of Leaders Indonesia,” terangnya, Senin (9/8).

Ia menambahkan hasil yang diharapkan setelah peserta didik menyelesaikan program Kaka Asuh ini, yaitu peserta mempelajari berbagai macam keterampilan dari para narasumber yang ahli dibidangnya, peserta dapat bekal ilmu sociopreneurship, dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan SDM di Kalteng hingga peserta dapat menjadi role model bagi remaja/pemuda lainnya.