Sekilas info
Selamat Datang di website Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. . Pemustaka sudah boleh masuk ke dalam perpustakaan untuk mencari buku, baca di tempat belum dibolehkan . Pengembalian buku, Pemustaka langsung menyerahkan ke petugas front office di Perpustakaan Kalteng. . Perpanjangan masa peminjaman buku, dapat dilakukan lewat whatsapp 082250569900, tidak perlu datang ke Perpustakaan Kalteng . Jam Layanan 08.00 WIB - 15.30 WIB (Istirahat 12.00 WIB - 13.00 WIB) .

Resensi Buku

1. Data Buku

Judul Buku        : Toyota Talent. Mengembangkan SDM Anda Ala Toyota

(Baca Juga : Resensi Buku )

                         The Toyota Talent. Developing Your People The Toyota (Judul Asli)

Pengarang        : Jeffrey K. Liker, David P. Meier

Penerjemah      : Rizki Tri Martono, S.Psi

Editor               : Tim ESENSI

Penerbit            : Esensi Erlangga Group

Tahun terbit         : 2008

Jumlah halaman : 377 halaman

Jenis cover         : Hardcover dengan jaket

 

2. Isi Resensi

a. Sinopsis

Toyota tidak hanya memproduksi mobil; mereka juga memproduksi orang-orang yang berbakat. Dalam buku bestseller internasional, The Toyota Way, Jeffrey Liker menjelaskan kesuksesan Toyota yang luar biasa melalui model 4P dengan sangat mengagumkan-Philosophy, People, Problem Solving, dan Process. Liker, bersama David Meier, memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai aplikasi praktis dari prinsip prinsip tersebut dalam The Toyota Way Fieldbook. Saat ini, para pakar Toyota ini mengungkapkan bagaimana Anda dapat mengembangkan orang-orang yang berbakat dan meraih hasil yang luar biasa dalam perusahaan Anda.

Toyota Talent membawa Anda melalui metodologi kompleks yang digunakan oleh raksasa global ini untuk menumbuhkan individu-individu berperforma tinggi dari dalam. Dimulai dari tinjauan mengenai pendekatan unik Toyota untuk mengembangkan orang, penulis mengilustrasikan arti penting dari menciptakan budaya belajar-mengajar dalam perusahaan Anda. Mereka memberikan contoh-contoh spesifik yang dibutuhkan untuk melatih karyawan Anda di semua area-mulai dari lantai pabrik, enjiniring, hingga anggota staf dalam organisasi jasa-dan menunjukkan pada Anda cara mendukung dan menyemangati setiap individu untuk meraih potensi tertingginya.

b. Keunggulan

Toyota Talent membawa pembaca melalui metodologi kompleks yang digunakan oleh Toyota untuk membangun individu-individu berbakat dari dalam. Didalam buku ini terdapat penjelasan lebih mendetil soal manajemen sumber daya manusia. Mendorong kita untuk tetap percaya diri dan berprinsip bahwa setiap pemimpin baik itu manajer maupun supervisor haruslah menjadi guru dan menganggap bawahannya sebagai murid. Buku ini sangat memotivasi kita dan memberikan bekal ketika kita menjadi seorang pekerja. Banyak tips yang dibagikan dibuku ini, antara lain, mengidentifikasi kebutuhan pengembangan Anda dan menciptakan rencana pelatihan, memahami beragam jenis pekerjaan dan bagaimana menguraikan pekerjaan kompleks menjadi keahlian-keahlian yang dapat diajarkan hingga tips menyadari dan membangun trainer potensial dalam area kerja Anda. Disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga bagi remaja pun tidak perlu susah untuk menafsirkannya.

 c. Kelemahan

Terdapat beberapa contoh gambar bagan, item dan contoh struktur penulisan surat/uraian yang tidak ditranslatekan ke bahasa Indonesia.

 d. Saran

Buku ini ditujukan bagi setiap perusahaan yang mempunyai visi untuk mengembangkan SDM yang berkualitas. Tidak hanya ditujukan untuk departemen SDM, tapi semua departemen yang ada dalam perusahaan perlu untuk memiliki, membaca dan mempraktikkan metodologi-metodologi yang dijabarkan dalam buku ini.