Sekilas info
Selamat Datang di website Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. . Selama PPKM, Layanan Pembuatan Kartu Anggota, Peminjaman Buku, menggunakan sistem online, simak Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru di website ini. . Pengembalian buku, Pemustaka langsung menyerahkan ke petugas front office di Perpustakaan Kalteng. . Perpanjangan masa peminjaman buku, dapat dilakukan lewat whatsapp 082250569900, tidak perlu datang ke Perpustakaan Kalteng .

Layanan Perpustakaan Kalteng Tutup Sementara

Layanan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah ditutup sementara untuk sterilisasi ruangan dan koleksi, mulai Senin (2/8) sampai Rabu (4/8). Layanan terbatas pemesanan buku, pengembalian dan pembuatan kartu anggota akan kembali dibuka pada hari Kamis (5/8).

Sebagaimana diketahui, selama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Level 3 di Kota Palangka Raya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan uji coba adaptasi kebiasaan baru. Kebiasaan baru yang diterapkan yaitu, pemustaka dapat mencari buku yang tersedia di Perpustakaan melalui Online Public Access Catalog (OPAC) di website dispursip.kalteng.go.id dan memesan buku, demikian juga dengan pembuatan kartu anggota, dapat dilakukan secara online di website yang sama. Uji coba adaptasi kebiasaan baru tersebut, sudah dimulai sejak 15 Juli 2021. 

(Baca Juga : Luncurkan Buku ke-tiganya, Peter Carey Inginkan Milenial Kenal Sejarah Lewat Aplikasi)

Luqman Alhakim SP. M.,Si, Plt. Kadispursip Kalteng menjelaskan "Kami melakukan sterilisasi ruangan dan koleksi perpustakaan untuk makin memaksimalkan layanan Perpustakaan sesuai dengan protokol kesehatan. " katanya. Ia berharap seluruh sarana dan prasarana tersebut sudah siap digunakan kembali saat Perpustakaan yang berlokasi di Jalan AIS Nasution Nomor 11, Palangka Raya itu dibuka nantinya. 

"Ada dua box sterilisasi buku berbasis sinar ultraviolet nantinya di bagian pengembalian dan peminjaman buku, setiap buku yang kembali maupun keluar, kita berusaha memastikannya steril untuk keamanan dan kebaikan bersama. " tambahnya.

Pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) diterapkan dengan disiplin.