Sekilas info
Selamat Datang di website Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. . Selama PPKM, Layanan Pembuatan Kartu Anggota, Peminjaman Buku, menggunakan sistem online, simak Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru di website ini. . Pengembalian buku, Pemustaka langsung menyerahkan ke petugas front office di Perpustakaan Kalteng. . Perpanjangan masa peminjaman buku, dapat dilakukan lewat whatsapp 082250569900, tidak perlu datang ke Perpustakaan Kalteng .

MEMBACA : Bisa Atasi Stress Selama Pandemi

Informasi negatif banyak berseliweran di media sosial, terutama pada masa pandemi Covid-19. Salah satunya mengenai peningkatan kasus penularan Covid-19 membuat masyarakat menjadi khawatir dan gelisah. 

Saat ini, kita mungkin butuh kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian terhadap berita negatif. Salah satunya adalah menciptakan waktu berkualitas antara diri sendiri dan keluarga walaupun di rumah saja. Kegiatan yang bisa dilakukan yakni membaca buku.

(Baca Juga : OPAC : Penelusuran Buku Berbasis Teknologi)

Membaca buku merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini karena buku menjadi salah satu sumber pengetahuan yang mampu menambah dan memperbarui wawasan. Bahkan, rutin membaca buku juga dipercaya mampu meningkatkan empati seseorang.

Dilansir dari halodoc.com ternyata membaca buku memiliki banyak manfaat diantaranya adalah meningkatkan daya ingat dan dapat meningkatkan konsentrasi. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi karena dengan kita membaca, kita akan menambah kosakata kita sehingga hal tersebut menjadi cara untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi kita dalam keseharian.

Bahkan manfaat membaca dapat menurunkan risiko stress dan depresi. Ini merupakan kabar baik mengingat saat pandemi, masyarakat mengalami kecemasan berlebihan.

Dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal walaupun di masa Pandemi. Menurut Luqman Alhakim SP. M.,Si, Plt. Kadispursip Kalteng menyebutkan "Dispursip Kalteng melaksanakan uji coba adaptasi kebiasaan baru dengan melakukan pelayanan secara online yaitu pembuatan kartu anggota online dan peminjaman buku online. " katanya pada Jumat (30/7).

Nah, sahabat perpustakaan, yang mau pinjam buku di Perpustakaan Kalteng, sekarang, sudah bisa akses link OPAC di website dispursip@kalteng.go.id, jika buku buku yang dicari tersedia OPAC, bisa langsung hubungi admin lewat nomor whatsapp untuk peminjaman, 0822 5056 9900. Lebih mudah kan?. Carilah buku yang menarik untuk kamu baca, dan luangkan waktu untuk memulai kebiasaan yang positif.