Sekilas info
Selamat Datang di website Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. . Selama PPKM, Layanan Pembuatan Kartu Anggota, Peminjaman Buku, menggunakan sistem online, simak Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru di website ini. . Pengembalian buku, Pemustaka langsung menyerahkan ke petugas front office di Perpustakaan Kalteng. . Perpanjangan masa peminjaman buku, dapat dilakukan lewat whatsapp 082250569900, tidak perlu datang ke Perpustakaan Kalteng .

Pelayanan Masyarakat di Dispursip Kalteng Lebih Mudah dan Praktis

Pelayanan kepada masyarakat, khususnya untuk pemustaka di Perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah, saat ini, jadi lebih mudah dan praktis karena bisa diakses lewat website dispursip.kalteng.go.id dan konsultasi layanan pinjam buku maupun pembuatan kartu anggota lewat whatsapp. “Layanan ini kami luncurkan bukan sekedar tuntutan pandemi Covid-19, tapi juga tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, juga komitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “ ungkap Plt. Kadispursip Prov. Kalteng, Luqman Alhakim SP. M.,Si. Rabu, (21/07).

Dari mulai uji coba adaptasi kebiasaan baru minggu lalu hingga hari ini, ada 4 yang mendaftarkan diri dalam pembuatan kartu anggota Perpustakaan Kalteng. Ada sekitar 10 lebih pemustaka yang memesan buku via WA. Artinya, program yang jalan kurang dari satu pekan ini sudah bisa dijangkau oleh masyarakat.

(Baca Juga : Luncurkan Buku ke-tiganya, Peter Carey Inginkan Milenial Kenal Sejarah Lewat Aplikasi)

Pemustaka yang ingin meminjam buku dapat menghubungi nomor whatsapp 0822 5056 9900, dan yang ingin membuat kartu anggota dapat menghubungi whatsapp 0822 5056 9911. Melalui kedua nomor WA, pemustaka akan dibantu dan dipandu untuk peminjaman maupun pembuatan kartu.

Kuntep Berkat Asi, M.Ed., Kabid Layanan, TI dan Kerjasama Perpustakaan mengatakan “Layanan ini masih baru jadi memang belum banyak yang gunakan, tapi kita akan gencarkan publikasi supaya lebih banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan ini, untuk kemudahan dan kebaikan bersama juga. “

Layanan ini juga mendapat banyak respon positif dari Mahasiswa Kalteng, salah satunya adalah Yariyanto Zendrato, mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Palangkaraya “Secara pribadi saya sebagai mahasiswa tentu sangat mengapresiasi dan menilai layanan online yang ditawarkan Dispursip Kalteng ini sangat bermanfaat di masa seperti ini. Perihal memperhatikan dan peduli akan kesehatan sekarang ini adalah sosok terpenting untuk setiap individu, maka solusi yang diberikan Dispursip Kalteng adalah jawaban dari Kerinduan setiap peminat literasi untuk tetap produktif di masa pandemi. ”

Diharapkan layanan ini mampu memenuhi setiap kebutuhan masyarakat terkait informasi dan pengetahuan. Semoga kinerja layanan online ini dapat terus berkembang dan diketahui oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Kalteng.