Sekilas info
Selamat Datang di website Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. . Selama PPKM, Layanan Pembuatan Kartu Anggota, Peminjaman Buku, menggunakan sistem online, simak Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru di website ini. . Pengembalian buku, Pemustaka langsung menyerahkan ke petugas front office di Perpustakaan Kalteng. . Perpanjangan masa peminjaman buku, dapat dilakukan lewat whatsapp 082250569900, tidak perlu datang ke Perpustakaan Kalteng .

DISPURSIP KALTENG GELAR UJI COBA ADAPTASI KEBIASAAN BARU BAGI PEMUSTAKA

Sudah lama pandemi Covid-19 melanda dunia, khususnya Indonesia yang saat ini terjadi lonjakan kasus sepanjang bulan ini. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya memunculkan keresahan yang signifikan di bidang ekonomi, sosial, pariwisata bahkan sistem kinerja pemerintahan pun ikut terdampak. Produktifitas merupakan kunci kemajuan bangsa, termasuk di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Adaptasi kebiasaan baru adalah sebuah mekanisme moderasi agar kita tetap bisa produktif dan berkarya tanpa harus dikalahkan pandemi. Seperti halnya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah yang tengah melakukan uji coba adaptasi kebiasaan baru, mulai Kamis, 15 Juli 2021.

(Baca Juga : Pojok Baca Digital Segera Hadir di Bumi Tambun Bungai)


Sejalan dengan visi-misinya, Dispursip Kalteng berusaha memberikan pelayanan prima kepada pemustaka walaupun dimas seperti ini. Ada layanan-layanan baru yang diluncurkan, antara lain adalah pembuatan kartu anggota online, peminjaman buku online, dan penelusuran buku Online Public Access Catalog (OPAC).

Tata cara pinjam buku online meliputi, Pemustaka mencari buku yang dicari dengan akses OPAC lewat gawai masing-masing di website dinas, dispursip.kalteng.go.id, untuk mengetahui apakah buku yang dicari tersedia di Perpustakaan Kalteng. Kemudian, Pemustaka menghubungi via WA untuk peminjaman buku 0822 5056 9900. Selanjutnya Operator membalas dengan mengirimkan form peminjaman buku. Lalu, Pemustaka mengisi form peminjaman buku dan mengirimkan kembali ke operator dan Operator membalas mengenai waktu pengambilan pesanan bukunya. Selanjutnya, Pemustaka mengambil buku yang sudah disiapkan petugas pada waktu yang sudah ditentukan.

Sedangkan cara pembuatan kartu anggota baru adalah sebagai berikut, Pemustaka mengakses website dispursip.kalteng.go.id, dan masuk ke link i-kartu pembuatan kartu. Kemudian, pemustaka mengisi form pembuatan kartu dan melengkapi data isian. Setelah melengkapi isian dan menguploadnya, pemustaka menghubungi via WA untuk  pembuatan kartu 0822 5056 9911. Setelah itu, Operator akan membalas setelah pengecekan isian form di website, dan memberitahukan estimasi kapan waktu untuk bisa mengambil kartu fisik.

Untuk Peminjaman Buku Online bisa dipesan mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB dan diambil mulai pukul 14.00 WIB – 15.30 WIB hari yang sama. Apabila peminjaman buku dilakukan  setelah pukul 11.00, buku akan disediakan hari berikutnya mulai pukul 09.00 WIB, selama hari kerja.

Plt. Kadispursip Prov. Kalteng, Luqman Alhakim SP, M.Si mengatakan bahwa bentuk layanan baru ini merupakan uji coba sebagai adaptasi kebiasaan baru selama masa Pandemi Covid19, “Perpustakaan Kalteng berkomitmen tetap melayani kebutuhan pemustaka dalam masa pandemi, walau dengan pelayanan yang terbatas, ini untuk keamanan dan kesehatan bersama, sistem online ini juga upaya untuk  mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan pemustaka”