Survei Kepuasan Masyarakat Mendekati Indeks 87, Pemustaka Menilai Performa Kinerja Unit Pelayanan Dispursip Kalteng Baik
Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah (Dispursip Kalteng) telah melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Periode Semester 1 Tahun 2025. Berdasarkan survei yang dilakukan pada periode Januari sampai dengan Juni 2025, diperoleh hasil berupa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan capaian angka mendekati nilai 87 yaitu sebesar 86,95. Perhitungan ini dengan melibatkan partisipasi dari 201 orang responden yang telah menerima secara langsung pelayanan di Dispursip Kalteng, khususnya layanan Perpustakaan. Dari hasil survei ini juga, performa kinerja unit pelayanan Dispursip Kalteng masuk dalam kategori Baik.
Pelaksanaan SKM ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik. SKM dilakukan secara periodik setiap 6 bulanan atau per semester dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif serta pengukuran mengacu pada Skala Likert.
Skala Likert yang dikembangkan oleh Rensis Likert adalah suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam kuesioner (angket), dan merupakan skala yang paling banyak dipakai dalam riset berupa survei. Skala ini digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang terhadap suatu jenis layanan publik.
Kemudian, responden yang menerima layanan langsung dipilih secara acak dan ditentukan sesuai dengan cakupan wilayah masing-masing unit pelayanan, serta memperhitungkan sebaran pengguna layanan berdasarkan jenis kelamin, umur, pendidikan dan pekerjaan. Untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan, responden terpilih ditetapkan sebanyak 201 orang, sesuai dengan ketentuan yang sudah ada pada tabel sampel dari Krejcie and Morgan. Dari total responden acak tersebut, sebanyak 62 orang responden adalah laki-laki dan 139 responden merupakan perempuan. Jenis kelamin perempuan cukup mendominasi responden yang terlibat karena berdasarkan pengamatan kegiatan survei bahwa pengunjung perpustakaan cukup didominasi oleh kaum hawa.
Berdasarkan hasil survei ini juga, kalangan pelajar (82 orang) mendominasi kunjungan perpustakaan sebagai responden SKM. Disusul secara urut tertinggi kedua kalangan mahasiswa (69 orang), kemudian selanjutnya kaum umum/swasta (42 orang) dan terakhir kalangan ASN/TNI/POLRI (8 orang). Sementara itu, jika dilihat dari faktor umur, data responden acak dari kunjungan pemustaka menunjukkan rentang usia 11-20 tahun sangat mendominasi sebanyak 125 orang. Disusul rentang usia 21-30 tahun (61 orang), 31-40 tahun (12 orang), 41-50 tahun (2 orang), dan 51-60 tahun (1 orang).
Dispursip Kalteng melalui Kepala Dinas Adiah Chandra Sari mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat atau pemustaka yang turut berpartisipasi dalam mengevaluasi dan memberikan penilaian terhadap pelayanan yang diterima. "Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang turut serta dalam peningkatan kualitas pelayanan Dispursip Kalteng", imbuhnya.
Adiah juga mengharapkan saran dan masukan dari masyarakat agar dapat bermanfaat bagi kemajuan Dispursip Kalteng untuk dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. "Kami pun juga mengharapkan lebih banyaknya keterlibatan masyarakat atau pemustaka pada Survei Kepuasan Masyarakat yang berikutnya agar Dispursip dapat terus berbenah dan meningkatkan mutu pelayanan publik", pungkasnya.
Leave Your Comments