Sekilas info
Selamat Datang di website Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. .

OPAC : Penelusuran Buku Berbasis Teknologi

Di era Globalisasi saat ini, yang berkembang semakin pesat yaitu teknologi informasi. Sejalan dengan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi, upaya peningkatan kualitas pelayaan Perpustkaan selalu diusahakan dengan pemanfaatan teknologi tersebut dalam suatu sistem yang dikenal dengan Online Public Access Catalog (OPAC).

OPAC yang biasa disebut oleh beberapa perpustakaan sebagai katalog online, katalog akses online, katalog akses daring perpustakaan, atau katalog akses umum talian. OPAC merupakan sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipakai pengguna untuk menelusuri data katalog untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu untuk mendapatkan informasi tentang lokasinya dan jika sistem katalog dihubungkan dengan sistem sirkulasi, maka pengguna dapat mengetahui apakah bahan pustaka yang sedang dicari tersedia di perpustakaan atau sedang dipinjam.

(Baca Juga : MEMBACA : Bisa Atasi Stress Selama Pandemi)

Sebuah inovasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, OPAC yang biasanya digunakan secara offline di Perpustakaan, sejak 15 Juni 2021, sudah bisa diakses secara online setiap saat dari gadget pemustaka, untuk mengetahui ketersediaan sebuah buku.

Kabid Layanan, TI dan Kerjasama Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng, Kuntep Berkat Asi, M.Ed., menjelaskan “Keistimewaan OPAC adalah para pemakai perpustakaan dapat mengakses katalog dari tempat manapun dan kapan saja. Selain itu,OPAC memberi kemudahan bagi penguna dalam memakainya maupun menyediakan keakuratan dalam menghadirkan data,dapat diakses oleh beberapa orang sekaligus pada saat yang sama, dan memberikan keleluasaan pada pengakses untuk memilih tajuk entri,pengarang, judul, subyek, atau penerbit. “ ucapnya kepada Tim Media saat dimulainya uji coba sistem peminjaman buku online di Perpustakaan Provinsi Kalteng, beberapa waktu lalu. Rabu (28/07).

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa tujuan OPAC adalah bisa memberikan kemudahan untuk semua pengguna dalam mencari bahan-bahan informasi, dan mengurangi biaya atau beban pekerjaan dalam pengelolaan data sehingga dapat juga meningkatkan serta meringankan efisiensi tenaga kerja. Selain itu, bisa juga mempercepat pencarian informasi yang bisa juga melayani kebutuhan informasi maysarakat dalam jangkauan yang luas.

Jadi secara umum, OPAC adalah suatu sistem temu balik informasi berbasis komputer yang digunakan oleh pengguna untuk menelusuri koleksi suatu perpustakaan atau unit informasi lainnya. Apabila kriteria pelayanan berkualitas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka semua pelayanan perpustakaan akan bisa memberikan kepuasan bagi pustakawan.

Nah, sahabat perpustakaan, yang mau pinjam buku di Perpustakaan Kalteng, sekarang, sudah bisa akses link OPAC di website dispursip@kalteng.go.id, jika buku buku yang dicari tersedia OPAC, bisa langsung hubungi admin lewat nomor whatsapp untuk peminjaman, 0822 5056 9900. Lebih mudah kan?