Tingkatkan Minat Baca, Dispursip Kalteng Jalin Berbagai Kerjasama

Rendahnya budaya literasi di Indonesia masih menjadi masalah serius yang sedang dihadapi pemerintah, secara umum, beberapa fakta menunjukkan minat baca masyarakat cenderung menurun. Suatu hal yang kontradiktif jika dibandingkan laju penggunaan internet yang trennya justru naik. Salah satu sarana yang dapat meningkatkan minat baca sebagai sumber informasi belajar adalah perpustakaan.

Seperti gayung bersambut, Presiden Joko Widodo dalam visi 2019-2024 adalah SDM Unggul, Indonesia Maju,  seharusnya menjadi pemantik pemangku kebijakan di sektor pendidikan untuk menghasilkan inovasi peningkatan literasi dan minat baca masyarakat, terutama di era disrupsi sekarang ini. Minat baca yang tinggi bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman dan daya nalar, karena mampu mengolah informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Namun, strategi pengembangan minat baca yang dilakukan, khususnya di sekolah dan perguruan tinggi, belum memperlihatkan hasil yang maksimal.

Menghadapi persoalan ini, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimatan Tengah, Luqman Alhakim, SP., M.Si dalam taping talkshow di TVRI Kalteng menyampaikan strategi yang dilakukan, salah satunya adalah membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan minat baca. “Kita adakan bazar buku murah, kerjasama dengan Cangkir Pustaka, ini upaya untuk menghadirkan literatur bacaan yang dibutuhkan masyarakat dengan harga terjangkau.” Jelasnya.

Selain itu, ada beberapa inisiatif kerjasama juga dilakukan Dispursip Kalteng dalam upaya meningkatkan literasi untuk peningkatan kesejahteraan yang saat ini populer dengan istilah perpustakaan berbasis inklusi sosial, yaitu bagaimana peningkatan literasi juga berimbas pada peningkatan taraf hidup dan ekonomi masyarakat, demikian penjelasan Plt Kepala Dispursip Prov. Kalteng dalam taping program yang dilakukan pada Rabu, 9 Juni 2021 di Studio TVRI Kalteng, didampingi oleh Pejabat Eselon III Dispursip Prov, Kalteng.

Talkshow ini akan disiarkan oleh TVRI Kalteng pada Sabtu 12 Juni 2021. Jangan lupa saksikan ya, Sahabat Perpustakaan !

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *