Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021

Datangnya pandemi sejak awal Maret 2020 di negeri kita, telah merubah tatanan dunia. Pandemi Covid-19 dengan segala ancamannya terhadap kesehatan dan perekonomian, pada satu sisi mempercepat kita untuk lebih adaptif dengan revolusi industri keempat. Meski dalam skala terbatas, model komunikasi, rapat-rapat kerja, model pembelajaran hingga seminar berubah total. Dari kota hingga desa, akhirnya mengalami era teknologi yang mempengaruhi semua lini kehidupan kita.

Perpustakaan dan Pustakawan masih memiliki tantangan besar, terlebih soal aksesnya yang bisa dijangkau masyarakat. Terlebih masyarakat Kalimantan Tengah yang luasnya 1,5 kali pulau Jawa. Belum lagi, kita berhadapan dengan fakta pandemi yang menyulitkan akses perpustakaan dijangkau masyarakat kita, diperlukan inovasi-inovasi pustakawan dalam pengembangan perpustakaan agar penyelenggaraan perpustakaan dapat berjalan optimal ditengah berbagai pembatasan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran virus Covid-1 ini.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sebagai instansi pembina pustakawan, selalu berupaya meningkatkan kompetensi dan mengembangkan profesionalisme pustakawan secara sistematis dan berkelanjutan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menyelenggarakan kegiatan pemilihan pustakawan berprestasi terbaik secara berjenjang mulai dari tingkat daerah/provinsi yang diikuti oleh pustakawan dari semua jenis perpustakaan. Ajang ini diharapkan, dapat memotivasi para pustakawan untuk lebih bersemangat dalam bekerja dan berkarya. Pustakawan berprestasi terbaik juga disiapkan untuk ikut serta berkompetisi di tingkat regional, yaitu di Congress of Southeast Asian Librarians (CONSAL).

Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021, Untuk memilih Pustakawan Berperestasi  Terbaik yang akan mewakili Kalimantan Tengah dalam pemilihan tersebut diatas,  Pustakawan Berprestasi Terbaik yang terpilih dalam ajang ini akan mendapatkan penghargaan berupa trophy, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000 (Juara I), Rp. 2.500.000 (Juara II), Rp. 2.250.000 (Juara III), Rp. 2.000.000 (Juara Harapan I) dan Rp. 1.500.000 (Juara Harapan II).

Untuk persyaratan, jadwal dan ketentuan lainnya dapat dilihat pada Pedoman Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021 pada tautan berikut.

Pedoman Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021

Salam sehat dan salam Literasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *