Kalteng Quality Expo Sarana Sosialisasi Program Kerja

Palangka Raya (04/05/2019). Sebagai salah satu Organisasi Perangkat  Daerah di Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Perpustakaan dan Arsip juga ikut ambil bagian dalam kegiatan Kalteng Quality Expo 2019 yang diselenggarakan di Palangka Raya. Melalui kesempatan ini, Dispursip memanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan program kerja dan layanan yang dimiliki.

Diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat mengetahui apa saja program kerja dan layanan yang ada pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah sehingga akan menumbuhkan minat masyarakat untuk datang ke Perpustakaan.

Dikutip dari pernyataan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Susana Ria Aden, “Kalteng Quality Expo ini merupakan sarana yang tepat bagi kami untuk mempromosikan berbagai program kerja dan manfaat yang diberikan kepada masyarakat”, saat diwawancara salah satu media massa lokal.

Dilihat dari kunjungan masyarakat ke stand Dispursip, dengan angka kunjungan berkisar antara 200-300 orang perhari  menunjukkan antuasiasme yang sangat tinggi dari masyarakat untuk lebih mengetahui apa saja program kerja dan layanan yang ada di Perpustakaan. Antusiasme itu datang dari berbagai kalangan, tidak hanya pelajar dan mahasiswa tapi juga masyarakat umum.

Selain memamerkan beberapa koleksi buku, pada kesempatan ini Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) juga mempromosikan produk layanan terbaru berupa layanan perpustakaan digital “iKalteng”. Yakni sebuah layanan perpustakaan berbasis digital yang dapat diakses melalui perangkat elektronik smartphone yang memiliki ribuan koleksi buku dalam format digital (e-book). Aplikasi iKalteng ini sudah tersedia pada Google Play Store dengan nama “iKalteng”, sehingga memudahkan setiap orang untuk mengunduh dan memasangkan pada perangkat smartphone.

“Perpustakaan digital ini bisa diakses siapa pun dan dimana pun secara gratis. Masyarakat hanya perlu mengunduh apalikasinya melalui smartphone yang mereka miliki,” tutur Bu Susana Ria Aden kepada awak media.

Keberadaan iKalteng ini bertujuan untuk lebih mendekatkan layanan Perpustakaan kepada masyarakat. Diharapkan dengan semakin mudahnya masyakat dalam mengakses buku, akan tumbuh dan meningkatnya minat dan budaya baca masyakat. Sehingga diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

“Kami ingin mengoptimalkan keberadaan serta peran Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing,” tutur Bu Kadispursip, Susana Ria Aden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *