Dispursip Kalteng Gelar Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Menulis

Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Menulis

Palangka Raya (22/08/2019). Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Kalteng  menyelenggarakan Sosialiasi Kegemeran Membaca dan Menulis yang dihadiri anak-anak pelajar SLTP dan SLTA. Kegiatan dengan tema “Generasi Cerdas dan Berkarya” ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat, khusus wilayah Kalimantan Tengah. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam pembukaan menuturkan bahwa minat membaca orang Indonesia sangat rendah, ” Dari data Perpustakaan Nasional tahun 2017, frekuensi membaca orang Indonesia hanya rata-rata 3-4 kali perminggu dengan durasi waktu membaca per hari rata-rata 30-60 menit, sementara jumlah buku yang dibaca hanya 5-9 buku per tahun, artinya minat baca masyarakat kita masih rendah,” tutur Susana Ria Aden.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan minat membaca dan menulis masyarakat, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah. Diharapkan dengan meningkatnya kegemaran membaca dan menulis masyarakat akan berdampak pada kemajuan daerah Kalimantan Tengah.

Seiring kemajuan teknologi informasi di masa kini. Smartphone menjadi barang yang lazim digunakan setiap orang. Gadget smartphone menjadi sarana yang paling efectif untuk mendapatkan informasi dengan tepat dan cepat.

Mengingat hal tersebut diatas, Dinas Perpustakaan melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa layanan buku digital (e-book). Dengan memanfaatkan smartphone setiap orang dapat mengakses buku digital. Cukup dengan mengunduh aplikasi i-Kalteng pada laman google play store, masyarakat Kalimantan Tengah dapat mengakses berbagai judul buku yang tersedia di dalam i-Kalteng. Untuk penjelasan lebih rinci pengguna smartphone dapat mengakses laman  http://ikalteng.moco.co.id/howto.html

Tampilan Dashboard iKalteng
Tampilan Dashboard iKalteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *