Delapan Pustakawan Adu Gagasan Menjadi Yang Terbaik

Palangka Raya – Delapan pustakawan dari berbagai daerah dan instansi di Kalimantan Tengah, hari ini, Selasa 8 Juni 2021 menyampaikan ide dan inovasinya dalam pengembangan perpustakaan, setelah kemarin, Senin 7 Juni 2021 menjalani test tertulis dan wawancara dalam pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI. Dalam jadwal, kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Perpustakaan Kota Palangka Raya, Jalan Diponegoro – Palangka Raya, pemenang langsung diumumkan setelah dewan juri melakukan kompilasi penilaian sejak hari pertama sampai dengan hari ini.

Dewan juri yang terdiri dari Pemerhati Perpustakaan, Bapak Drs. Damber Liwan, Ikatan Pustakawan Indonesia Kalteng, Ibu Elekmida Sinaga, SE, dan Kepala Perpustakaan IAIN, Bapak Usman, S.Ag,MHI memberikan penilaian berdasarkan kriteria yang sudah dintentukan dalam Juknis Lomba yaitu, Inovasi, Sikap, dan lain-lain. Sebagaimana tahun sebelumnya, Program kerjasama Dispursip Kalteng dan Perpustakaan Nasional ini, pemenangnya akan mewakili Kalimantan Tengah dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional

Kedelapan peserta yang ikut dalam seleksi tingkat provinsi adalah : Ilzam Hamidi, A.Md, dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Kotawaringin Barat, Julidi Lahagu, S. Th, ri IAKN Palangka Raya, I Gusti Ayu Ketut Yuni Masriastri, SE.,MM dari IAHN Tampung Penyang Palangka Raya, Marina Daniaty, S.Pd.I, dari IAIN Palangka Raya, Arizal Amd, dari Poltekkes Palangka Raya, Dewi Widianingsih,SIP, dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Barito Utara, Tuti Sugiartiy, SE  dari IAIN Palangka Raya, Emilda Windi Astuti, A.Ma.Pust, dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pulang Pisau.

Pustakawan berprestasi terbaik adalah pustakawan yang memiliki prestasi unggul dalam bidang kepustakawanan, profesional, berkepribadian, berdedikasi, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugasnya, sehingga dapat dijadikan panutan dan dapat memberi motivasi kepada para pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan lainnya

Pustakawan berprestasi terbaik tingkat daerah/provinsi adalah pustakawan yang mendapat peringkat tertinggi berdasarkan hasil penilaian dewan juri pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat daerah/provinsi dan disahkan dengan Keputusan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi.

Apresiasi yang diberikan pemerintah ketika mengikuti kegiatan pemilihan ini diharapkan dapat memotivasi pustakawan untuk terus berkarya, berinovasi, berkinerja, berprestasi tinggi dan berpartisipasi aktif turut membangun lingkungannya sehingga dapat mengangkat citra pustakawan, agar sejajar dengan profesi lainnya.

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik bertujuan: Memberi penghargaan kepada pustakawan yang berprestasi terbaik. Meningkatkan profesionalisme pustakawan Indonesia. Meningkatkan motivasi, inovasi dan etos kerja pustakawan. Menambah dan berbagi pengetahuan, keterampilan dan wawasan di antara para peserta. Mendorong terjalinnya jaringan kerjasama jasa informasi perpustakaan yang kuat di antara para peserta. Mewujudkan citra pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan. (Asp- Sp)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *